Meningkatkan Keamanan Akun Google

Jadi beberapa waktu lalu pas mau login email, saya dialihkan ke halaman https://myaccount.google.com. Mungkin karena sering login-logout jadinya Google nyaranin untuk meninjau kembali keamanan akun google. Maklum, hampir tiap minggu saya ngecek email-email yang jumlahnya ada belasan.



Karena merasa password akun google kurang aman, saya ngikutin saran google buat meninjau keamanan akun. Pas dibuka ternyata... saya kaget melihat tulisan di bawah ini terpampang di layar laptop.



GILA! PASSWORD TERAKHIR KALI DIUBAH ENAM TAHUN YANG LALU!

Kekagetan saya tidak berhenti di situ. Pas sekrol ke bawah, saya menemukan infromasi pemulihan keamanan yang sukses bikin saya kejang-kejang di tempat. FYI, informasi pemulihan ini terdiri dari nomor hape, email, dan pertanyaan keamanan. Informasi ini yang nanti bakal digunakan saat kita lupa password karena tiba-tiba amnesia karena ingin melupakan mantan dan masa lalu.


Yep, kamu gak salah baca. Pertanyaan keamanan yang dibuat waktu tahun 2009 itu adalah 'Pacar?' Maksudnya siapa pacar saya? Anjrit... jadi ingat si anu kan. Setelah dicek ternyata jawabannya bukan nama pacar saya waktu tahun 2009 tapi nama anjing peliharaan yang sudah mati seperti perasaan sayang mantan pada saya. *ngakak sambil kejang-kejang* 

Nomor telepon dan email pemulihan juga udah gak valid. Nomor telepon yang itu udah ilang, email pemulihannya juga udah saya lupa passwordnya. Ternyata ada untungnya ngikutin saran google. Akhirnya saya ganti deh informasi pemulihan itu dengan nomor dan email yang valid. Pertanyaan keamanannya juga diganti menjadi 'Siapa gebetan Satria Baja Hitam waktu kelas 2 SMP?'

Selain itu, saya tertarik dengan Verifikasi 2 langkah. Fitur ini bikin keamanan jadi berlapis lagi. Jadi untuk bisa login ke akun, kamu butuh 2 langkah, yang pertama masukin password, dan langkah kedua adalah memasukkan kode yang dikirimkan ke nomor hape kita (yang udah disetel sebelumnya). Kalo kodenya salah, gak bakal bisa masuk ke akun. Ini mencegah orang-orang untuk bisa nyuri email kita walau dia tau passwordnya. 

Google juga menyediakan opsi nomor cadangan untuk jaga-jaga kalau nomor utama hilang atau tidak bisa dihubungi. Jadi nanti kodenya juga dikirim ke nomor cadangan. Ada juga opsi kode cadangan untuk jaga-jaga nomor utama dan nomor cadangan tidak bisa dihubungi atau tidak aktif. Kamu akan diberikan 10 kode cadangan yang bisa digunakan untuk verifikasi pada langkah kedua. Kodenya bisa didownload atau diprint terus disimpan dalam lubuk hati yang paling dalam. #ehh


Kalo gitu tiap kali login harus verifikasi 2 langkah dong? Capek deh!

Tenang, kamu bisa menyimpan komputer mana saja yang dipercaya buat menonaktifkan verifikasi 2 langkah ini. Jadi kalo tiap login gak perlu verifikasi 2 langkah lagi. 



Masih kurang aman? Kamu bisa mencoba menggunakan opsi Kunci keamanan (port USB). Dengan memilih kunci keamanan sebagai opsi utama, kamu gak perlu kode verifikasi yang dikirim ponsel. Cukup colok aja kuncinya ke port USB saat diminta untuk verifikasi. Kuncinya itu bukan flashdisk ya. Kuncinya itu khusus dan harus dibeli. 

Contohnya kayak ini (dari Amazon)...


Comments

  1. saya juga diarahkan ke site itu tadi sekitar jam 5

    tapi saya abaikan aja
    saya lagi mau buka web lain soalnya.

    ternyata penting ya buat cek

    saya cek lagi lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, verifikasi 2 langkah penting banget

      Delete
  2. Saya gunakan juga metode dua langkah tersebut dari tahun lalu dan hasilnya lumayan buat cewek saya suka ngamuk karena susah masuk ke akun saya, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, masih pacaran sudah tukar-tukar password ye sekarang :p

      Delete
  3. saya juga pernah di arahkan ke dua metode tersebut :) dan akhirnya akun google bisa di lindungi juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hatinya udah ada yang lindungi belum? #bloggermodus

      Delete
  4. pernah juga saya di arahkan ke metode tersebut, dan akun google juga terlindungi, yeeee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo diarahkan menuju pelaminan kapan? Hatinya juga udah ada yang ngelindungi? #masihmodus

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Popular posts from this blog

Medical Check Up Pertama Seumur Hidup

5 Jenis Guru Unik Saat SMA