Casio AE 1000 W : Jam Tangan Tangguh, Harga Murah

Kali ini saya mau nge-review jam tangan yang sudah saya pakai selama 2 tahun 7 bulan dengan sejujur-jujurnya. Ya, dari judul post sudah ketahuan jam apa yang saya pakai. 

Casio AE 1000 W 1AVDF


Nama besar Casio dan reputasinya dalam produk jam tangan tidak diragukan lagi. Jam tangan yang diproduksi Casio seperti seri G-Shock adalah monster di bidang jam tangan. Gak percaya? Cari aja di youtube ada ribuan video review yang membuktikan ketangguhan jam tangan Casio.

Saya sendiri orang yang mengutamakan kualitas dibandingkan brand. Ada barang-barang yang brandnya besar tapi kualitasnya sama saja dengan barang-barang sejenis dengan brand yang beda. Misalnya baju, tas, dll. Apalagi kalau brand doang yang gede tapi kualitasnya jelek, gak tahan lama, cepat rusak, harganya mahal, kan sayang banget ngabisin duit cuma buat gengsi tanpa memikirkan kualitas atau umur barang.

Tahan lama! Kan yang tahan lama bisa bikin cewek lemes berkali-kali.

Dari zaman jadi mahasiswa baru, saya sudah berangan-angan punya jam tangan Casio (khususnya G-Shock). Selain karena korban iklan di video klip Eminem yang pakai jam tangan G-Shock, saya juga sudah nonton beberapa youtuber membuktikan ketangguhan G-Shock. Waktu itu saya hanya berangan-angan saja karena harganya masih tidak terjangkau dompet mahasiswa. 


Di status facebook saya tertanggal 6 Januari 2012 (5 tahun yang lalu), saya pernah menghibur diri sendiri dengan ilusi saya mampu beli G-Shock yang asli. Sungguh alay dan nista sekali...

Tiga tahun kemudian, saya menemukan Casio AE 1000W di Lazada dengan harga murah. Ini kesempatan dong. Saya lakukan riset mendalam. Baca-baca review di kaskus, nonton video review di youtube beberapa kali sampai saya yakin ini saatnya saya dan Casio berjodoh, mumpung saya punya tabungan hasil dari mark up uang kuliah. Saya sempat ragu kalau barang yang dijual di Lazada adalah barang palsu (karena belinya tidak di toko resmi Casio).

FUCK IT! Beli aja. Kalau ketipu ya anggap saja beramal untuk penjualnya, toh harganya juga cuma setara uang makan 2 minggu. Siap puasa! Saya sudah gak tahan pakai jam tangan palsu yang kalau kena air hujan langsung rusak.

Yep, saya dapat harga jam tangan Casio AE 1000W 227.960 ribu rupiah. Dibulatkan saja jadi 230 ribu rupiah. MURAH KAN? MURAH KAN?

BARANGNYA ASLI!

Kenapa saya berani bilang jam ini asli? Karena ketangguhan jam ini yang sudah saya buktikan sendiri. Kartu garansi, bungkusannya bisa dipalsukan, tapi kualitas tidak bisa dipalsukan untuk menekan harga. Berikut ini beberapa ketangguhan jam tangan Casio AE 1000W yang saya banggakan dan pamer-pamerin (bahkan nantangin) ke teman-teman...

1. Anti Air

Sudah pasti jam tangan Casio anti air. 100 meter-water resistance. Saya pribadi belum pernah menguji di kedalaman lebih dari 100 meter. Tapi untuk naruh di air bak mandi, rendam di dasar kolam renang, jam tangan ini beneran anti air. 

2. Tahan suhu dingin

Casio secara resmi tidak mengklaim jam ini tahan suhu dingin. Tapi saya sudah menguji sendiri dengan membekukan jam di freezer selama 30 menit sampai terjebak dalam lapisan es. Jamnya masih berfungsi normal.

3. Umur baterai 10 tahun

Casio mengklaim baterai jam ini tahan hingga 10 tahun. Kalau ini butuh waktu hingga 2025 buat membuktikan klaim ini. Tapi setelah 2 tahun pemakaian, baterainya masih awet.

CASIO AE-1000W

Tiga kelebihan di atas sudah cukup bagi saya untuk merasa puas dan merasa aman memakai jam tangan ini dalam aktivitas sehari-hari. Mau dipakai berenang, kehujanan, tidak masalah.

Tapi jam tangan ini bukan tanpa kekurangan juga. Saya juga merasa ada beberapa yang terasa kurang namun bisa dimaklumi dengan harga 230 ribu. Berikut ini beberapa kekurangan jam Casio AE 1000 W menurut pengalaman pribadi saya.

1. Kacanya mudah lecet.

Ya, sudah dua tahun lamanya saya memakai jam ini dan kacanya lecet dimana-mana karena gesekan entah kebentur meja, dinding atau karena jatuh ke lantai. Ini karena desainnya tidak seperti G-Shock yang melindungi kacanya dengan maksimal





2. Backlightnya terasa murahan

Yep, ini adalah kekurangan yang menurut saya fatal banget. Backlightnya warna orange dengan distribusi cahaya yang tidak merata. Kayak cuma ada satu lampu kecil di sudut kiri bawah. Terasa sangat murahan kayak jam mainan.



Nah itu saja kekurangan dari jam tangan ini. Iya cuma dua saja tapi berasa banget. Dengan harga murah ya dimaklumi saja. Tapi tetap ketangguhan jam ini sudah terbukti dan saya merekomendasikan jam ini buat yang ingin punya jam anti air, baterai tahan lama dengan harga murah. Tapi ingat beli yang asli ya jangan yang palsu.

Buat yang masih belum percaya juga, ini adalah video waktu saya merendam jam ini di air, terus dibekukan sampe jadi es.



Comments

  1. Saya sudah merasakan sendiri pakai jam tangan ini ....Pertama gak percaya saya coba bekukan ...dan hasilnya jam tangan tetap hidup

    ReplyDelete
  2. Saya pernah melihat ada sekumpulan staff Angkatan Udara memakai jam Casio type ini.
    Apakah jam ini grade military seperti di film "Mine"??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya tidak. Soalnya seperti yang sudah dijelaskan, kaca jam ini rapuh, mudah kena baretan.

      Delete
  3. strepnya awet dan mudah dicari engga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jakarta ada service center Casio, mungkin dijual strepnya juga. Belum pernah nanya juga soalnya

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Popular posts from this blog

Medical Check Up Pertama Seumur Hidup

5 Jenis Guru Unik Saat SMA