Gugur Bunga


Ada sedikit kejanggalan bagi saya kalo berbicara tentang The Founding Father kita, Ir. Soekarno. Bertahun-tahun selama di bangku sekolah saya disuguhkan dengan pelajaran sejarah. Mulai dari sejarah manusia hingga sejarah Indonesia. Karena dulu saya adalah siswa yang berotak dangkal, makanya sebuah pertanyaan penting terlewat dan tak pernah terpikirkan. Bahkan kesempatan berdiskusi kelompok mengenai sejarah pun tidak 'mengarahkan' saya ke pertanyaan itu. Ya, memang dulu otak saya cuma berpikir satu hal kalo lagi belajar sejarah. "Kapan jam istirahat?"

Menginjak bangku kuliah, saya mulai jarang bersentuhan dengan sejarah Indonesia mengingat jurusan saya lebih terfokus pada masalah kesehatan. Semester 1 dulu ada mata kuliah Pendidikan Pancasila cuman yang dibahas hanya masalah konstitusi dan teman-temannya. Akhirnya saya sama sekali benar-benar mengesampingkan sejarah.

Tanggal 17 Agustus adalah hari yang membuat kita semua teringat pada Proklamasi. Berbicara proklamasi tentu tidak terlepas dari Bung Karno. Entah kenapa tak pernah terlintas di benak saya bertahun-tahun yang lalu ketika memperingati hari wafatnya Presiden pertama kita. 

Malam ini, akhirnya pertanyaan itu muncul di kepala saya dengan sendirinya. Memalukan memang karena baru muncul pertanyaan itu sekarang. 

Kurang lebih 12 tahun lamanya saya berkutat dengan pelajaran sejarah dan baru hari ini di tahun 2014 saya menyadari ada sesuatu yang kurang dari buku sejarah. Entahlah, apakah saya yang salah atau memang benar ingatan saya. Buku sejarah waktu saya sekolah dulu tidak mencantumkan satu pun foto pemakaman Bung Karno. Hanya penjelasan tertulis tentang tanggal berapa beliau wafat. 

Kenapa tidak ada foto pemakaman beliau?

Apa itu keinginan keluarga?

Atau ada alasan lain?

Entahlah...

Pada akhirnya saya menemukan foto-foto pemakaman Bung Karno. 12 tahun belajar sejarah dan baru hari ini saya melihat foto-foto itu. Sebagai anak bangsa, saya merasa malu. 

Berikut adalah sebagian foto-foto yang saya dapat di internet. 





Btw, Dirgahayu Republik Indonesia ke - 68. Matilah Korupsi dan Jayalah Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Medical Check Up Pertama Seumur Hidup

5 Jenis Guru Unik Saat SMA